Kapan Seorang Fresh Graduate Bisa Dapat Kerja ?


Informasi lowongan pekerjaan pada dasarnya mudah ditemukan dimana saja. Media cetak adalah salah satunya. Jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan disana sebenarnya jika dihitung-hitung memang relatif lumayan banyak walau pada kenyataannya tidak sebanding dengan jumlah pengangguran yang ada. Posisi yang ditawarkannya pun juga relatif sangat beragam. Begitu pula dengan persyaratan yang dibutuhkannya, sangat bervariatif.
Namun dibalik itu semua, pertanyaan yang paling menarik adalah kapan sih seorang fresh graduate bisa dapat kerja??? Mari kita bahas disini. Mimpi buruk ini jangan sampai menimpa diri Anda. Memang benar sih, di koran ada banyak informasi lowongan kerja, tetapi masalahnya adalah mengapa selalu saja tertulis : lebih diutamakan yang berpengalaman, pengalaman min.2 tahun, atau yang lainnya. Intinya harus ber-pe-nga-la-man.  Kondisi ini sama artinya dengan: fresh graduate, menganggurlah selamanya!!! Oh no.. !
Jangan sampai Anda sudah kuliah capek-capek, sudah menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit, tetapi malah harus menganggur begitu lepas kuliah. Sangat menyedihkan sekali! Tapi bagaimana pun juga, ini adalah sebuah realita yang harus dihadapi para fresh graduate. Ini adalah mimpi buruk atau nightmare bagi para fresh graduate. Suka atau tidak suka, masalah ini seperti ini harus disiasati jika Anda tidak ingin kalah bersaing. Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Pertama adalah magang. Jika ada kesempatan untuk bisa magang di suatu perusahaan, jangan sia-siakan kesempatan itu walaupun tidak pernah diajari dalam kuliah. Ambil kesempatan itu! Jangan hiraukan apakah dalam proses magang tersebut ada pengganti biaya transport, biaya makan atau tidak! Target utama Anda adalah mendapatkan surat pengalaman kerja dari perusahaan tersebut juga ilmu dan pengalaman yang Anda peroleh saat itu. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bisa belajar banyak disana. Belajarlah apa saja disana termasuk belajar bagaimana harus bersikap dewasa dan bijaksana. Selama belajar disana, hindari sikap manja dan cengeng! Jika memang ada kesempatan emas untuk magang, ingat jangan sia-siakan! Apalagi jika ternyata yang memberikan kesempatan magang itu adalah perusahaan besar terkemuka (perusahaan asing misalnya) walau itu harus dengan cara nepotisme. Sebuah nilai tambah yang sangat menguntungkan Anda nantinya , percayalah :)
Kedua adalah melamar pekerjaan yang memang hanya diperuntukan untuk para fresh graduate. Dan umumnya posisi tersebut adalah management trainee dan sejenisnya (sejajar dengan level staf) . Disini tidak ada maksud untuk melarang Anda melamar pekerjaan diluar posisi management trainee . Seseorang boleh-boleh saja kok mengirimkan surat lamaran pekerjaan ke posisi apapun yang diinginkannya. Tidak ada larangan sama sekali. Namun yang dihimbau disini adalah jangan sia-sia kan tenaga, waktu, dan biaya, untuk sesuatu yang tidak jelas. Lebih baik selektif sedikit guna menghindari pemborosan disana sini. Tindakan efektivitas dan efisiensi ada baiknya Anda junjung tinggi. Dari pada Anda menghabiskan segala sesuatu yang tidak jelas, lebih baik luangkan tenaga, waktu, dan biaya untuk mengikuti kursus-kursus atau pun pelatihan-pelatihan seperti: bahasa Inggris dan komputer. Hal ini jelas jauh lebih bermanfaat untuk pengembangan potensi diri.
Ketiga adalah wiraswasta. Perlu diketahui, wiraswasta adalah sebuah pilihan profesi dalam berkarier yang patut diperhitungkan khususnya bagi kaum fresh graduate. Mengapa? Selain peluang income yang bisa diperoleh jauh lebih besar bila dibandingkan dengan orang kantoran, Anda juga bisa lebih leluasa dalam hal pengaturan jam kerja. Kok bisa? Karena Anda adalah bosnya! Jangan takut untuk memilih jalur wiraswasta sebagai sebuah pilihan dalam berkarier hanya karena gengsi orang kantoran dan keterbatasan modal. Semua bisa dicarikan jalan keluarnya. Masalah gengsi tidak perlu dipusingkan. Gengsi tidak bisa menjamin seseorang menjadi sukses atau kaya. Jadi buat apa dipikirkan. Sedangkan untuk masalah keterbatasan modal, Anda tidak perlu khawatir sama sekali. Banyak pihak ketiga yang siap membantu Anda kredit dari bank adalah salah satunya. Jangan takut untuk memulainya. Perhatikan sekeliling Anda. Survey membuktikan bahwa tidak sedikit konglomerat di Indonesia adalah pelaku wirausaha. Mereka bukan pekerja kantoran! Dan semua bisnis itu mereka bangun dari NOL sama seperti Anda. That's what a proverb said , "from Zero to Hero !"
Yah untuk sekarang pengalaman memang sangat dibutuhkan.  Buat yang belum graduate , hayo mulai sekarang take a chance to find some new experiences. Cari sebanyak mungkin pengalaman-pengalaman berharga yang bakal berguna nantinya. Time is money ! dan ingat, jangan takut gagal ! Nah, buat para fresh graduate, hayo buktikan kemampuan kalian ! buktikan bahwa kalian bisa ! Jangan mudah putus asa dan jangan mau kalah dong dengan yang lain , hihi okeeh guys ! SEMANGAT !
Salam , HMPS Manajemen UIB 



Sumber : Argo Galih 
 Dosen Paruh Waktu di BINUS, PERBANAS, dan Manager Group (Bank Data) & Tim Pengembangan Usaha Manajemen Group di Rakyat Merdeka Group

0 comments:

Post a Comment


up